Menkes Budi Sampaikan Hal Ini di Pertemuan G20

Tak Berkategori

Jumat, 18 Agustus 2023 – 19:59 WIB

JAKARTA – Dalam Pertemuan Menteri Kesehatan G20 yang diselenggarakan di Gandhinagar pada 18 Agustus 2023, Menkes RI, Budi Gunadi Sadikib menyampaikan pandangan mengenai pentingnya pendekatan holistik terhadap kesejahteraan manusia. 

Baca Juga :

Cara Mencegah Kuku Cantengan, Panduan Lengkap untuk Kesehatan Kuku yang Optimal

“Kami, sebagai pemimpin G20, percaya bahwa kesehatan manusia, hewan, satwa liar, pertanian, dan lingkungan, saling terkait dan seharusnya membimbing upaya pencegahan, kesiapsiagaan, dan respons terhadap darurat kesehatan secara global,” ujarnya seperti dikutip dari keterangannya. Scroll lebih lanjut ya.

Menurutnya, G20 telah berhasil memadukan sektor Kesehatan dan Keuangan dalam Penyediaan dan Pengelolaan Risiko (PPR) dengan pendirian Dana Pandemi pada tahun lalu. Hal ini menegaskan bahwa menjaga kesehatan masyarakat melibatkan kolaborasi lintas-sektoral yang kuat.

Baca Juga :

Rayakan Semangat Kemerdekaan, Bank Mandiri Dorong Peningkatan Kesehatan di Jayapura

Indonesia telah berkomitmen untuk melaksanakan surveilans OneHealth di wilayah risiko tinggi antarmuka manusia-satwa liar. Ini bertujuan untuk mencegah penyebaran penyakit dan mengambil tindakan medis efektif sebelum terjadinya wabah. Kemenkes telah meningkatkan jumlah kota dengan surveilans PCR dari 20 menjadi 514 setelah pandemi, serta meningkatkan provinsi dengan surveilans WGS dari 3 menjadi 15.

Baca Juga :

Ragam Manfaat Pare Bagi Kesehatan, Menurunkan Gula Darah hingga Tingkatkan Imunitas

Pada tingkat regional, ASEAN 2023 di bawah kepemimpinan Indonesia telah mengadopsi Deklarasi Pemimpin ASEAN tentang Inisiatif Kesehatan Satu, yang memperkuat kolaborasi lintas-sektoral. 

“Pada tingkat global, saya menyoroti tiga poin mengenai HEPPR,” ucapnya.

Halaman Selanjutnya

Source : Youtube/Sekretariat Presiden



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *