Hampir 10 Tahun Jokowi Memimpin, RI Dinilai Punya Pijakkan Kuat Jadi Negara Maju

Tak Berkategori

Jumat, 18 Agustus 2023 – 11:43 WIB

Jakarta – Momentum HUT RI ke 78 ini, banyak digunakan oleh masyarakat untuk menilik perjalanan Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sudah menjabat hampir 10 tahun, atau 2 periode. Mesti tidak lepas dari kritik dan berbagai dinamika, tidak dapat dipungkiri 10 tahun kepemimpinan Jokowi telah menorehkan legacy-legacy yang luar biasa bagi Indonesia.

Baca Juga :

Deretan Momen Unik yang Terjadi di Istana Saat Upacara HUT RI: Sepatu Leas hingga Pak Bas Usil

Dari peningkatan infrastruktur, penanganan pandemi, upaya menangani kesenjangan sosial, hingga reformasi birokrasi dan regulasi, perubahan positif dalam berbagai sektor telah menjadi pijakan bagi Indonesia untuk mewujudkan lompatan besar menuju status negara maju.

Presiden Jokowi pimpin Rapat Kabinet di Istana Merdeka, Jakarta

Photo :

  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Baca Juga :

Target Pertumbuhan Ekonomi 2024 Melambat, Ini Penjelasan Sri Mulyani

Menurut pakar dan praktisi hukum terkemuka Indonesia, Melli Darsa, legacy yang dibangun oleh Presiden Jokowi menjadi batu pijakan penting dalam perjalanan Indonesia sebagai negara maju.

“Bapak Presiden Jokowi telah berhasil membuktikan pandangan awal banyak pihak, termasuk saya sendiri mengenai pemahamannya terhadap ekosistem regulasi dan hukum tata negara yang kompleks. Beliau berhasil membuat dobrakan-dobrakan yang diperlukan untuk membenahi regulasi di Indonesia yang amat penting untuk memberikan kepastian dan perlindungan hukum bagi masyarakat dan pelaku usaha,” ujar Melli dalam keterangannya, Jumat 18 Agustus 2022.

Baca Juga :

Jokowi Bilang Pemimpin Masa Depan Harus Berani dan Konsisten, Anies Respons Begini

Melli yang juga sempat menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Hukum dan Regulasi KADIN periode 2015-2020 ini mengatakan, Presiden Jokowi walau kerap dikritisi dengan metode yang diambil, tidak dapat dipungkiri bahwa ia telah berhasil melakukan transformasi yang signifikan dalam bidang hukum dan regulasi di Indonesia melebihi dari Presiden sebelumnya di era pasca Reformasi.

“Dobrakan-dobrakan yang diperkenalkan oleh Presiden Jokowi dalam membenahi hukum dan regulasi di Indonesia telah memberikan dampak yang kuat yang akan berkelanjutan ke tahun-tahun yang mendatang,” ujar Melli

Halaman Selanjutnya

Melli mengatakan, Jokowi memiliki komitmen kuat untuk meningkatkan kemudahan berbisnis dan menciptakan ekosistem finansial yang lebih baik. Fengan keberaniannya, Jokowi juga telah menghadirkan metode, konsep dan pranata hukum baru menunjukkan efektivitasnya untuk menciptakan solusi hukum atas permasalahan sosio ekonomi masyarakat yang ada.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *