Bendera Merah Putih dan Teks Proklamasi Dibawa Pakai Kereta Kencana

Tak Berkategori

Kamis, 17 Agustus 2023 – 09:55 WIB

Jakarta – Kirab budaya Bendera Pusaka dalam rangka upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus 2023, kini telah memasuki lapangan upacara di halaman Istana Merdeka, Jakarta. Bendera Pusaka dibawa dengan Kereta Kencana Ki Jaga Rasa.

Baca Juga :

Jokowi Pakai Adat Surakarta, Wakil Presiden Maruf Amin Gunakan Baju Adat Sumatera Barat

Kirab budaya ini digelar dari Monas ke Istana Merdeka. Kirab budaya sudah dimulai sejak pukul 08.10 WIB. Pembawa bendera pusaka tampak menaiki Kereta Kencana Ki Jaga Rasa. Purna-Paskibraka tahun 2022, yakni Ghania Taufiqa Salma Wibowo yang membawa duplikat bendera dan Ayumi Putri Sasaki yang membawa teks proklamasi.

Kereta itu tampak ditarik enam ekor kuda. Selain itu, terdapat delapan ekor kuda yang mengawal kereta kencana. Rute kirab bendera dimulai dari kawasan Monas menuju Istana Negara. Di belakang kereta, terdapat ratusan orang mengenakan berbagai busana adat dari seluruh Indonesia. Pasukan drum band TNI, juga kepolisian, mengiringi proses kirab.

Baca Juga :

Gak Nyangka, Cantik-cantik Sandra Dewi Suka Ikut Lomba Balap Karung saat HUT Kemerdekaan RI

Sementara itu, Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), yang bertugas untuk mengibarkan bendera Merah Putih pada Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada HUT RI ke-78 pada Kamis, 17 Agustus 2023, telah ditentukan. Tim Indonesia Maju, demikian nama yang disematkan, didaulat untuk bertugas pada upacara tersebut.

Baca Juga :

HUT RI ke-78, BI Hadiahkan QRIS untuk Tarik Tunai, Transfer hingga Setor

Informasi diterima dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, berikut para petugas upacara HUT ke-78 RI di Istana Merdeka, hari ini:

Lilly Indriani Suparman Wenda yang merupakan perwakilan dari Provinsi Papua Pegunungan Provinsi Papua, terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih. Saat ini, ia menempuh pendidikan di SMAN 1 Wamena.

Halaman Selanjutnya

Tiga lainnya dari Kelompok 8 yang bertugas untuk mengibarkan bendera ialah Bintang Wirasatya RA sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Sumatera Selatan, Nathaniel Shawn Edgar Sondakh sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Sulawesi Utara, dan Alfin Alfarisi sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Sumatera Barat.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *