Benarkah Timnas U-23 Sudah Latihan Perdana untuk AFF 2023, dan Bernuansa Eropa karena Ada Tiga Pemain Naturalisasi?

Tak Berkategori

Video ini membagikan informasi tidak jelas terkait pelaksanaan latihan pertama dan ikut sertanya pemain keturunan Indonesia.

Timnas U-23 akan tertarung dalam kejuaraan The ASEAN Football Federation atau AFF pada 16-27 Agustus 2023. Kompetisi berlangsung di Thailand, dan Timnas Indonesia akan berlaga melawan Malaysia serta Timor Leste.

Beredar kabar bahwa Timnas U-23 telah latihan perdana dan akan ada tiga pemain naturalisasi bergabung. Berita ini disebarkan akun YouTube bernama Timnas Garuda Team lewat video berjudul “LATIHAN PERDANA TIMNAS INDONESIA U-23 !! Jelang Piala AFF U-23 2023, 3 Pemain Naturalisasi Gabung?”

Foto thumbnail adalah Rafael Struick dan Elkan Baggott serta Coach Shin Tae-yong serta tulisan “SERASA TIMNAS EROPA LATIHAN PERDANA TIMNAS U-23”.

Benarkah pemberitaan yang disebarkan video ini?

Proses naturalisasi Ivar Jenner dan Rafael Struick (sumber: (pssi.org))

CEK FAKTA

Sampai saat ini belum ada pemberitahuan resmi dari sumber utama persepakbolaan Indonesia, yaitu PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia) bahwa latihan perdana telah bergulir. Sehingga klaim video adalah salah satu tidak benar.

PENJELASAN

Baca Juga:Shin Tae-yong Lobi Persija Agar Melepas Pemain ke Timnas Indonesia U-23

Metro Suara.com mengadakan penyelusuran dan hasilnya sebagai berikut:

* Judul yang ambigu yaitu  “LATIHAN PERDANA TIMNAS INDONESIA U-23 !! Jelang Piala AFF U-23 2023, 3 Pemain Naturalisasi Gabung?”
Fakta: dalam kalimat terdapat klaim bahwa latihan pertama Timnas U-23 sudah berlangsung, namun berikutnya ada tiga pemain naturalisasi bergabung masih dalam konteks tanda tanya.
Logika: bila latihan benar-benar sudah dijalankan maka akan ketahuan seluruh pemain yang ikut serta, termasuk pemain naturalisasi sehingga tidak dibutuhkan tanda tanya di akhir judul.

* Kalimat penyerta foto thumbnail adalah “SERASA TIMNAS EROPA LATIHAN PERDANA TIMNAS U-23”, kalimat ini tidak memberikan kesetaraan, utamanya saat disandingkan dengan judul bahwa ada tiga pemain naturalisasi ikut serta.
Fakta: kalimat “serasa Timnas Eropa” terasa rancu karena di judul disebutkan bahwa pemain naturalisasi ada tiga orang, sehingga pemain yang bukan keturunan tentu saja lebih banyak, yaitu tujuh orang. 
Logika: karena pemain sepak bola tiap tim membentuk formasi 11 orang hingga disebut kesebelasan, apakah mungkin jumlah tiga orang terhadap tujuh orang lainnya dalam tim menjadikan mereka bisa disebut mayoritas dan mewakili kalimat “serasa Timnas Eropa”?

* Cek foto
Terdapat foto Elkan Baggott di thumbnail, pembuat video salah bila mengklasifikasikan atau menjadikannya sebagai salah satu pemain naturalisasi. Elkan Baggott memilih menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) berdasar ketentuan usia di bawah 20 tahun dan membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP) Indonesia.

* Cek video
Di awal video, mulai menit 0:00 terdapat cuplikan wawancara dengan Rafael Struick, dengan tampilan video mengejutkan, karena di sisi bawah kanan bawah tertulis “video ini hanyalah ilustrasi belaka, bukan kejadian sebenarnya”.
Fakta: wawancara dicuplik dari sumber asli dan tulisan atau pernyataan yang dibuat itu bisa jadi digunakan sebagai tameng bila dipermasalahkan di kemudian hari.
Logika: bila menggunakan cuplikan ini hanya sebagai ilustrasi, sementara kejadiannya (wawancara) adalah riil dan aktual, maka tujuan pembuat adalah menghadirkan konten menyesatkan atau misleading content.

Baca Juga:6 Anak Artis Cantik Berhijab, Sudah Terbiasa Sejak Masih Kecil

* Materi informasi hanya dibaca narator dari sumber artikel kredibel, diketahui dari caranya menyatakan, “menurut saya” tanpa menjelaskan nama atau siapa yang dicuplik kalimatnya. Sedangkan bila narator betulan yang memiliki pernyataan tentunya menyebutkan nama sendiri dengan jelas.

KESIMPULAN

Video berjudul “LATIHAN PERDANA TIMNAS INDONESIA U-23 !! Jelang Piala AFF U-23 2023, 3 Pemain Naturalisasi Gabung?” memiliki konten yang menyesatkan atau misleading content.

Catatan Redaksi:

Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Metro Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). 

Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Metro Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email [email protected].

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *