Yenny Wahid: Barokah Luar Biasa Jadi Anaknya Gus Dur

Lebih lanjut, Dewan Penasihat TPN Ganjar-Mahfud berbicara jasa-jasa mantan Presiden Indonesia kepada bangsa dan negara. Mulai dari Soekarno hinga Presiden Joko Widodo, menurutnya semuanya memiliki jasa yang besar bagi bangsa Indonesia.

“Presiden Soekarno mengantarkan Indonesia dari zaman transisi. Waktu itu kita masih bangsa yang dijajah, bangsa yang belum merdeka lalu kemudian memproklamirkan kemerdekaan dan kemudian merdeka itu dipimpin seorang pemimpin bernama Soekarno,” ujarnya.

Kemudian, Presiden kedua Soeharto juga punya jasa yang karena waktu itu masih zaman transisi dari kemerdekaan.

“Pembangunan dimulai di zaman pak Harto,” katanya.

Kemudian era Bj Habibie, yang mulai membangun teknologi untuk bangsa ini salah satunya dibangun pabrik pesawat terbang.

Selanjutnya, era reformasi yang dipimpin oleh Gus Dur. Sebagai presiden pertama yang terpilih di era reformasi, Gus Dur meletakkan pondasi pondasi demokrasi.

“Demokrasi itu, anak tukang cilok dan anaknya presiden haknya sama dan setara di mata hukum, sama-sama harus dihormati itu demokrasi, setiap orang punya hak untuk ikut memikirkan negara ini mau dibawa kemana, itulah lewat pemilu yang jujur dan adil, memilih pemimpin. Jadi Gus Dur meletakkan pondasi untuk demokrasi,” katanya.

Selain itu, Gus Dur juga meletakan pondasi untuk toleransi. Sebab, waktu itu banyak konflik antar agama sehingga Gus Dur mengajak semua untuk hidup rukun dan mengikuti Pancasila sebagai sebuah ikatan suci.

“Pancasila ini disetujui para ulama sesuatu yang mengikat setiap warga negara Indonesia. Dalam Pancasila kita berharap masyarakat mendapat keadilan, masyarakat diperlakukan setara dengan perikemanusiaan, saling menghormati satu sama lain, yang paling utama kita selalu ingat pada Tuhan yang Maha Esa.” katanya.

Di samping itu, Gus juga menjadi presiden pertama yang membuka istana negara menjadi istana rakyat.

Baca Juga  TKN: Survei Prabowo-Gibran Masih Kalah di Jateng, tapi Tipis Sekali

“Istana terbuka untuk semua, banyak masyarakat datang masuk ke istana pertama kalinya melihat istana republik Indonesia. Karena buat Gusdur istana buat kita semua. Kebtulan saja menjadi tempat tinggalnya Presiden. Tapi yang punya ya tetap rakyat Indonesia,” ujarnya.

Selanjutnya, Gus Dur juga banyak membuat kebijakan untuk masyarakat diantaranya gaji guru dinaikkan, gaji PNS dinaikin 200 persen dan lainnya. Selain itu, memastikan bahan baku untuk komoditi untuk hal-hal yang dikonsumsi rakyat Indonesia terjangkau salah satunya kedelai.

“Karena bagi Gusdur kebijakan harus berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *