Pelaku yang Ancam Tembak Anies Baswedan Terancam 4 Tahun Penjara

Liputan6.com, Jakarta – Pemuda berinisial AWK (23) pelaku pengancaman penembakan terhadap calon presiden nomor urut 01, Anies Baswedan telah berhasil diamankan. Namun, hingga kini belum ditetapkan jadi tersangka.

“(Statusnya) Ditangkap, baru ditangkap,” ucap Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Sandi Nugroho, kepada awak media di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Sabtu (13/1).

Meski begitu, penyidik telah menyiapkan Pasal 29 Undang-Undang (UU) ITE. Bunyinya yaitu ‘Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mengirimkan informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang berisi ancaman kekerasan atau menakut-nakuti yang ditujukan secara pribadi.

Kemudian, orang yang melanggar Pasal 29 UU ITE dapat dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 tahun dan/atau denda paling banyak Rp750 juta, sebagaimana diatur dalam Pasal 45B UU 19/2016.

“Sementara masih pendalaman, namun yang sudah kita bisa telusuri lebih awal dan informasi dari penyidik ancaman yang dilakukan oleh pelaku tersebut bisa dikenakan dalam UU ITE Pasal 29, yaitu pengancaman melalui media,” jelasnya.

Adapun saat ini AWK selaku pemilik akun TikTok @calonistri7160 masih menjalani pemeriksaan intensif sebelum ditetapkan jadi tersangka. Sebagai bahan untuk penyidik melakukan gelar perkara terkait penetapan tersangka terhadap pelaku.

“Setelah nanti diperiksa, baru nanti akan ada proses berikutnya, gelar perkara, pemeriksaan saksi, itu teknis, nanti penyidik,” katanya.

 

Capres Ganjar Pranowo buka suara terkait adanya ancaman penembakan ke Anies Baswedan. Ancaman itu didapat Anies saat live di TikTok.

Quoted From Many Source

Baca Juga  Jokowi Bakal Hadiri Harlah ke-78 Muslimat NU di GBK Sabtu, 20 Januari 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *