Mahkamah Konstitusi Resmi Bentuk MKMK Permanen, Ini Daftar Anggotanya

Liputan6.com, Jakarta – Mahkamah Konstitusi (MK) resmi mengumumkan tiga anggota Majelis Kehormatan MK atau MKMK permanen, pada Rabu (20/12/2023). Tiga anggota MKMK terpilih yakni Eks Rektor Universitas Andalas Yuliandri, Eks Ketua MKMK I Dewa Gede Palguna, dan Hakim Konstitusi Ridwan Mansyur.

“Prof Yuliandri, mantan Rektor Universitas Andalas Padang, I Dewa Gede Palguna mewakili tokoh masyarakat, hakim yang baru dilantik Ridwan Mansyur,” kata Hakim Konstitusi Enny Nurbaningsih saat konferensi pers di Lobi Ruang Sidang Pleno, Gedung I MK, Jakarta, Rabu (20/12/2023).

Enny menjelaskan, ketiga orang ini dipilih secara aklamasi oleh seluruh hakim konstitusi. Nantinya, mereka akan dilantik pada 8 Januari 2024.

“InsyaAllah tanggal 8 Januari 2024 akan dilantik untuk masa jabatan selama satu tahun,” ujar Enny.

Sebelumnya, Juru Bicara MK Fajar Laksono mengatakan, anggota MKMK bakal dipilih dari tiga unsur berbeda, yaitu unsur hakim konstitusi, tokoh masyarakat, dan akademisi berlatar belakang bidang hukum.

“Ketiga anggota MKMK akan dilantik dan mengucapkan sumpah pada 8 Januari 2024. Pelantikan akan dilakukan Ketua MK Suhartoyo dan dihadiri oleh Hakim Konstitusi serta para pejabat di lingkungan Kepaniteraan dan Sekretariat Jenderal MK,” kata Fajar dalam keterangan resminya.

 

MKMK mengkonfirmasi bahwa mereka tidak berwenang untuk mengubah keputusan kontroversial Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai batas usia calon presiden dan calon wakil presiden.

Quoted From Many Source

Baca Juga  Firli Bahuri Sebut Syahrul Yasin Limpo Laporkan Dirinya ke Polda karena Takut Jadi Tersangka KPK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *