Langgar Batas Waktu Izin Tinggal, 8 WNA Nigeria Ditangkap Imigrasi Jakarta Utara

Liputan6.com, Jakarta – Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara mengamankan 8 WNA yang diduga Overstay dari 2 lokasi apartemen berbeda di Wilayah Jakarta Utara. Tindakan tersebut diambil atas adanya laporan pengaduan masyarakat yang mengaku resah akibat kehadiran mereka di kawasan apartemen tempat para WNA itu tinggal.

“Kami menerima laporan masyarakat terkait keberadaan dan kegiatan WNA yang mengganggu kenyamanan penghuni apartemen, imigrasi bergerak cepat dengan lakukan pengawasan keimigrasian,” kata Qriz Pratama selaku Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara, seperti dikutip dari siaran pers diterima, Selasa (27/2/2024).

Qriz merinci, 8 WNA masing-masing berinisial IGM, CON, OAN, COA, URC, OIP, EZC, dan BM. mereka adalah orang asing berkewarganegaraan Nigeria, diamankan dari Apartemen Kawasan Pademangan Jakarta Utara pada tanggal 22 Februari 2024 dan Kawasan Kelapa Gading Jakarta Utara pada tanggal 24 Februari 2024

“Pelanggaran 8 WN Nigeria tersebut bervariatif, ada yang telah Overstay selama 8 bulan sampai dengan overstay 6 Tahun, 5 diantaranya tidak dapat menunjukan dokumen perjalanan (Paspor),” jelas Qriz.

Qriz menjelaskan, berdasarkan pengecekan melalui database keimigrasian (SIMKIM) dan tercatat 8 WNA tersebut telah tinggal di Indonesia melebihi batas izin yang diberikan. 

“4 diantaranya telah Illegal stay karena paspor yang dimiliki juga sudah habis masa berlaku,” ungkap Qriz.

Kantor Imigrasi Jakarta Pusat menggelar Razia di sebuah apartemen di kawasan Cempaka putih. Razia ini menjaring 15 WNA yang berstatus overstay, dan tidak memilik paspor. Seorang WNA kabur saat razia berlangsung.

Quoted From Many Source

Baca Juga  KAI Prediksi Puncak Arus Mudik Lebaran 2024 pada 8-9 April 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *