Kantor Pertahanan Badung Implementasi Penerbitan Sertipikat Elektronik

Liputan6.com, Badung Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melalui Kantor Pertanahan Kabupaten Badung menerbitkan sejumlah sertipikat tanah elektronik bagi tanah aset pemerintah dan masyarakat Badung. Penerbitan surat elektronik ini pun diimplementasikan usai memakan waktu yang lama.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) BPN Provinsi Bali, Andry Novijandry mengungkapkan bahwa hal ini dimulai ketika Kabupaten Badung dideklarasikan sebagai Kabupaten Lengkap pada tahun 2023.

“Di mana seluruh tanah di wilayah Kabupaten Badung sudah terpetakan. Terhadap hal ini, apabila masih ada yang belum atau kurang saya imbau kepada jajaran Kantah Kabupaten Badung untuk bisa melengkapi dengan bekerja sama dengan pemerintah daerah sehingga benar-benar lengkap,” ungkapnya.

Andry menyebut, proses selanjutnya Kakanwil BPN Provinsi Bali melakukan digitalisasi data pertanahan melalui validasi data pertanahan antara fisik dengan yuridis dan data elektronik. 

“Data yang didigitalkan harus sama dengan data yang tertulis di sertipikat yang bapak atau ibu pegang,” sebutnya.

Andry menuturkan, untuk menjadikan sertipikat tanah elektronik dapat digunakan untuk alat pembuktian yang sah, Kementerian ATR/BPN perlu berkoordinasi dengan berbagai pihak hingga terbentuklah sistem layanan sertipikat tanah elektronik.

“Prosesnya sudah merupakan proses elektronik bukan hanya digitalisasi (scan) saja, tetapi datanya sudah terbungkus secara elektronik sehingga tidak bisa diubah atau dipalsukan,” tuturnya.

“Oleh sebab itu, saya harapkan ke depan Badung sebagai pintu gerbang internasional bisa memberikan layanan pertanahan berupa sertipikat tanah elektronik maupun pemberian informasi juga secara elektronik sehingga layanan bisa lebih mudah, murah, dan cepat,” jelas Andry.

Quoted From Many Source

Baca Juga  5 Pernyataan Usai Kasus Tewasnya Sang Anak Dante di Kolam Renang, Ditemani Pacar Tamara Tyasmara?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *