Jokowi Resmikan RSUD Anutapura Palu, RS Pertama di RI yang Tahan Gempa

Liputan6.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Gedung Anutapura Medical Center (AMC) RSUD Anutapura, Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), Selasa (26/3/2024).

Rumah sakit ini terdampak bencana gempa Sulteng pada 2018 lalu. Adapun rekonstruksi bangunan pasca-gempa yang dimulai sejak 2021 ini memakan anggaran Rp224 miliar.

“Segera kita resmikan rekonstruksi gedung Anutapura Medical Center RSUD Anutapura yang dilaksanakan dari tahun 2021 sampai tahun 2024 kita lihat gedung nya seperti ini,” kata Jokowi sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (26/3/2024).

Dia menyampaikan gedung ini memiliki luas 19.000 meter persegi dan dilengkapi sejumlah fasilitas. Mulai dari, ruang IGD, ruang kebidanan, poliklinik radiologi, laboratorium, ruang rawat inap dan instalasi bedah sentral.

Jokowi menuturkan AMC menjadi gedung rumah sakit pertama di Indonesia yang menerapkan teknologi based isolation system. Dengan begitu, gedung tersebut mampu menahan daya seismik akibat gempa.

“Tadi saya sudah diberikan gambarnya di bawah gedung ini ada kaya shockbecker jadi bisa lentur kalau terjadi gempa, tapi kita tidak mengharapkan adanya gempa,” ucap dia.

Jokowi juga meresmikan rekontruksi UIN Datokarama di Palu yang dibangun tahun 2020 dengan biaya Rp139 miliar. Rekontruksi ini meliputi pembangunan di berbagai sarana belajar, gedung perkuliahan, student center, auditorium, fasilitas olahraga, serta fasilitas pendukung lainnya.

 

Quoted From Many Source

Baca Juga  Beredar Video Seleb TikTok Satria Mahathir Joget Usai Diciduk, Ini Kata Polisi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *