Istana Bantah Kabar Jokowi ke Surabaya Besok untuk Berikan Satyalancana kepada Gibran dan Bobby

Liputan6.com, Jakarta Plt Deputi Protokol dan Pers Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana, membantah kabar Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan pergi ke Surabaya pada besok Kamis (25/4/2024) untuk memberikan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha kepada para kepala daerah yang dianggap berprestasi.

Dua penerima Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha di antaranya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Wali Kota Medan Bobby Nasution.

Yusuf mengonfirmasi bahwa tidak ada kunjungan kerja kepala negara ke Surabaya pada esok hari. “Besok Presiden tidak ada agenda kunjungan kerja ke Surabaya,” kata Yusuf kepada wartawan, Rabu (24/4/2024).

Diberitakan sebelumnya, Jokowi akan memberikan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha. Penghargaan ini diberikan dalam peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) ke-28 yang akan digelar di Kota Surabaya, Kamis (25/4/2024).

Tanda itu dikhususkan bagi para kepala daerah yang berprestasi. Dua penerima di antaranya adalah anak sulungnya, Gibran Rakabuming Raka, dan menantunya, Bobby Nasution.

Melansir laman resmi Pemkot Surabaya, Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha diberikan kepada kepala daerah sebagai penghargaan atas prestasi yang telah dicapai. Ada penilaian untuk penghargaan tersebut.

Penilaian itu didasarkan hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EPPD) 2022 terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) 2021. Tanda itu diberikan melalui Keputusan Presiden RI.

Tanda kehormatan itu sama derajatnya dengan satyalancana lainnya. Pemberiannya dilakukan kepada penyelenggara pemerintahan daerah atas jasa besar atau prestasi kinerja yang tercatat sangat tinggi.

Lencana itu hanya diberikan sekali seumur hidup. Dasar hukum penghargaan tersebut adalah PP No 35 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan UU NO 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *