Gempa Hari Ini Rabu 22 November 2023 Guncang Halmahera Barat dan Muna Sulawesi Tenggara

Liputan6.com, Jakarta – Ada sejumlah gempa kembali menggetarkan wilayah Indonesia hari ini, Rabu (22/11/2023). Hingga pukul 19.30 WIB, gempa tersebut terjadi di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) dan Halmahera Barat, Maluku Utara.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa yang terjadi di Muna berkekuatan magnitudo 2,7. Lindu terjadi pada pukul 05:01:24 WIB.

“Pusat gempa berada di darat 7.2 km barat laut Kabupaten Muna,” jelas BMKG diinfo gempa hari ini, Rabu. 

Saat gempa bumi menggoyang wilayah Muna, BMKG mencatat getarannya terasa dalam skala II-III MMI (Modified Mercalli Intensity) di Muna. 

Ada pun lokasi gempa terletak pada koordinat titik 4,79 Lintang Selatan (LS) dan 122,64 Bujur Timur (BT). Denga lindu berada dikedalaman 7 kilometer. 

Berselang empat jam kemudian, gempa bumi giliran mengguncang Provinsi Maluku Utara. Gempa terjadi di Kabupaten Halmahera Barat, pukul 09:48:54 WIB dengan magnitudo 6,6. 

Hasil analisi BMKG mengungkap, episenter gempa terletak pada koordinat 1,77 LU dan 127,14 BT. Atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 68 Km barat laut Halmahera Barat, pada kedalaman 109 kilometer.

Lantas, apakah gempa tersebut berpotensi tsunami? BMKG menyebut gempa ini tak berpotensi tsunami. Meski tidak menimbulkan gelombang tsunami, masyarakat diimbau untuk waspada terhadap gempa susulan yang mungkin terjadi.

“Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi,” kata BMKG dilaman resminya.

Saat gempa di Halmahera Barat terjadi, sejumlah wilayah ikut merasakan getarannya dalam skala bervariasi. Tidore, Bitung, Talaud, Halmahera Timur, Kotamobagu, dan Morotai III MMI. Sementara, Minahasa, Minahasa Utara, Halmahera Barat dan Utara, Ternate, Manado, Minahasa Tenggara, dan Tomohon III-IV MMI.

Sedangkan dalam skala IV dirasakan Siau dan Kepulauan Sula II-III MMI. 

Baca Juga  Prabowo Subianto: Bung Karno Aja Suka Joget, Gue Ada Kok Fotonya

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *