Diragukan Cak Imin, Khofifah Tanya soal Ke-NU-annya ke Peserta Harlah Muslimat NU

Calon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saling sindir soal ke-Nu-an. Hal ini berawal dari Cak Imin yang meragukan ideologi NU Khofifah setelah Gubernur Jawa Timur itu menyatakan diri mendukung Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024. 

“Orang yang punya idelologi NU pasti istikamah ke AMIN. Saya meragukan ke-NU-annya kalau tidak pilih AMIN,” ujar Cak Imin usai pertemuan dengan peternak di Kecamatan Ponggok, Blitar, Kamis (11/1/2024).

Sehari sebelumnya, Ketua Umum PKB itu juga sempat mengatakan warga NU yang tak mendukung AMIN di Pilpres 2024 kebangetan. Cak Imin mengatakan dirinya merupakan kader asli NU, sehingga merasa patut dipilih oleh keluarga besar NU.

“Jadi lek onok wong (kalau ada orang) NU gak nyoblos wong NU sing asli (gak mencoblos orang NU yang asli) berarti kebangetan,” kata Cak Imin di acara konsolidasi Relawan AMIN di DBL Arena Surabaya, Rabu (10/1/2024). 

Hal ini kemudian ditanggapi Khofifah dengan mempertanyakan Cak Imin yang mengaku NU pernah berjuang di NU sebagai apa. 

“Mereka pernah berjuang di NU struktural berapa lama, dalam konteks apa dan seterusnya?,” tanya Khofifah.

Ketua Umum Pengurus Pusat Muslimat Nahdlatul Ulama itu pun mengatakan:

“Jadi kalau saya (ini) Ketua Umum PP Muslimat NU, lalu kemudian ada yang meragukan ke-NU-an saya, harus dibalik, jadi yang meragukan yang mana,” kata Khofifah. 

Khofifah menjelaskan bahwa Cak Imin itu adalah Ketua Umum PKB, menurut dia seharusnya ada perbedaan antara pengurus partai dan pengurus NU. Baginya pengurus NU murni tak akan bisa dilunturkan dengan cara apapun. 

“Yang NU yang mana? Bahwa itu Mas Imin itu PKB. Jadi bedakanlah antara partai dan organisasi. Kalau saya ini loh ketua umum PP Muslimat NU. Biar itu dilabor dengan tujuh kali air sungai, tujuh kali air bunga ya tetap saya Ketua Umum PP Muslimat NU,” urainya. 

Baca Juga  26 Titik Ganjil Genap Jakarta yang Berlaku Hari Ini Selasa 16 Januari 2024

Meski begitu, Khofifah meminta ucapan Cak Imin itu tak perlu dibesar-besarkan. Gubernur Jawa Timur itu berharap seluruh elemen bisa saling menghormati satu sama lain. 

“Coba kita saling menghormati agar muncul understanding, muncul respect dan muncul trust. Saya tidak mau terlalu jauh merespon itu. Lebih baik kita saling menghormati, saling membangun understanding dan kepercayaan,” Khofifah memungkasi.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *