AWS Rilis 2 Chip Teranyar, Diklaim Punya Kinerja Terbaik

Liputan6.com, Jakarta – CEO dari raksasa komputasi awan asal Amerika Serikat, Amazon Web Service (AWS), Adam Selipsky mengumumkan perilisan dua chip generasi teranyarnya AWS Graviton4 dan AWS Trainium2.

Dia mengatakan, dua chip tersebut menghadirkan kemajuan dalam performa harga dan efisiensi energi untuk berbagai beban kerja pelanggan, termasuk pelatihan pembelajaran mesin (Machine Learning) dan aplikasi kecerdasan buatan / Artificial Intellegence (AI) generatif.

“Graviton4 dan Trainium2 menandai inovasi terbaru dalam desain chip dari AWS dengan setiap generasi chip berturut-turut, AWS memberikan kinerja harga dan efisiensi energi yang lebih baik, memberi pelanggan lebih banyak pilihan,” kata Selipsky saat re:Invent 2023 di Venetian Hotel Convention Center, Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, Selasa (29/11/2023).

Selipsky menambahkan, Graviton4 memberikan performa komputasi hingga 30% lebih baik, core 50% lebih banyak, dan bandwidth memori 75% lebih banyak dibandingkan prosesor Graviton3 atau generasi saat ini.

“Gravinton4 memberikan performa harga terbaik dan efisiensi energi untuk berbagai beban kerja yang berjalan di Amazon EC2,” jelas Selipsky.

Sementara itu, lanjut Selipsky, untuk Trainium2 dirancang untuk memberikan pelatihan hingga 4 kali lebih cepat dibandingkan chip Trainium generasi pertama dan akan dapat diterapkan di UltraClusters EC2 hingga 100.000 chip.

“Sehingga Trainium2 memungkinkan untuk melatih model dasar (FM) dan Large Language Model atau Pemodelan bahasa besar (LLM) dalam satu dalam waktu singkat, sekaligus meningkatkan efisiensi energi hingga 2 kali lipat,” yakin dia.

Quoted From Many Source

Baca Juga  Pantai Plasma Senipah di Tanjung Harapan, Destinasi Wisata Bahari yang Masih Tersembunyi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *